Memberi dan Menginspirasi

Rabu, 20 Juli 2022

Hari Anak Nasional, Mengajak Anak Bergembira


Setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional, peringatan ini sejatinya untuk menegakan perlindungan serta pemenuhan hak-hak anak Indonesia sehingga mereka bisa tumbuh secara sehat, berakhlak mulia dan  cinta tanah air.

Dalam perkembangan sejarahnya peringatan Hari Anak Nasional dari tahun ke tahun juga untuk mengingatkan dan mendorong para orang tua agar lebih melindungi,  membimbing dan mendidik anak-anak dengan pola asuh yang sesuai dengan prinsip prinsip keagamaan. Prinsip-prinsip keagamaan ini harus di tanamkan sejak dini kepada anak-anak. Tujuannya tiada lain agar anak tumbuh menjadi baik.

Bahagia adalah keadaan atau perasaan tenang dan tenteram, bebas dari tekanan dan kesusahan. Bila anak merasa nyaman mereka pasti bahagia. Bukan saja ketika bersenang-senang. Bahagia bukan terletak pada banyaknya harta atau tingginya jabatan. Tapi ini berhubungan dengan hati.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Kemensos akan menyelenggarakan peringatan hari anak Nasional di daerah 3T (Tertinggal, terdepan dan terluar) hal ini sesuai dengan arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

Kenapa di daerah 3T karena seperti juga disampaikan bapak Presiden Joko Widodo kita harus memberikan perhatian penuh kepada masyarakat yang berada di  wilayah Timur dan daerah 3T (Tertinggal, terdepan dan terluar).  

HAN 2022 rencananya akan diselenggarakan di beberapa lokasi di Lombok Timur,  komunitas adat terpencil, daerah pengungsian, dan di lembaga. Rangakaian acara nya mulai tanggal 24 Juli hingga 30 Juli 2022 mendatang.

“Kita ingin anak-anak (dari) seluruh Indonesia bisa saling berkomunikasi. Kita ingin anak-anak di Asmat Papua nanti komunikasi dengan anak-anak di Pulau Bertam di Batam. Kemudian, anak-anak di Suku Anak Dalam Jambi bisa komunikasi dengan semua,” ujar Mensos Risma dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sedangkan kegiatan puncak akan diselenggarakan di lima kecamatan yang berada di Lombok Timur, “Lombok Timur dipilih karena jumlah populasi anak tinggi, hal ini juga beriringan dengan upaya pemerintah menekan angka pernikahan dini dan stunting.” Ucap Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kanya Eka Santi.

Komunitas yang menjadi lokasi HAN adalah Suku Anak Dalam Jambi, Suku Baduy Banten, Suku laut pulau Bertam kepulauan Riau, Suku Asmat Papua Erosaman, Suku Asmat Papua Amagais, Suku Asmat Papua Asatat, Pengungsi Nabire Papua, anak di wilayah perbatasan Sebatik Nunukan, Kota Kecil Wini (Timur Tengah Utara), Suku Dayak Meratus, dan pengungsi Majene.

Kegiatan HAN diawali dengan pemberian bantuan Atensi Anak, Program Keluarga Harapan (PKH), Prokus, dan bantuan rumah layak anak. Selain itu Kemensos juga akan menggelar khitanan masal, pemeriksaan mata gratis, vaksin dan imunisasi serta pemenuhan hak sipil anak seperti pembuatan akta kelahiran bekerja sama dengan disdukcapil setempat. 

Dengan terpenuhinya hak dasar anak berupa pemenuhan hidup layak, pendidikan dan kesehatan diharapkan membantu membentuk karakter anak yang siap dengan tantangan dan mengatasi kesulitan, memiliki semangat dalam belajar, berfikir kreatif dan tidak putus asa dengan kondisi apa pun.

Untuk mendorong partisipasi anak dalam kegiatan HAN, Kemensos melibatkan pusat komunitas di wilayah terpencil. Jauh hari sudah terlebih dahulu dilakukan asesmen dan pendataan untuk penerima manfaat bantuan.

Semua anak yang hadir diharapkan bisa bergembira dengan mengikuti berbagai permainan dan perlombaan. Permainan di sini sudah disesuaikan dengan komunitas masing-masing. Anak-anak berkesempatan menyapa anak lainnya di seluruh Nusantara, dengan begitu bisa mengenal satu sama lain.

Kegiatan lainnya yang tidak kalah penting adalah mengunjungi anak-anak yang sedang sakit. Hal ini untuk menumbuhkan rasa solidaritas sesama anak. dan dampak lainnya akan memberikan semangat pada anak yang sedang sakit dalam menjalani hari-harinya.

Semoga momen hari anak ini menjadi hari yang membuat mereka bahagia dan bersemangat, sehingga tema hari anak “Anak terlindungi, Indonesia Maju” bisa terwujud.

 

 IG : @Nurhayati_35

Youtube : Chanel Citra

0

Kamis, 14 Juli 2022

Hai Bestie

Assalamualaikum. Ngga terasa usiaku sudah berkurang satu tahun, genap usia 24 tahun he...he...insya Allah semangatnya masih 24. Di usia ku ini ada banyak mimpi yang udah tercapai. Eh iya dulu aku suka ngelist impian sampai 100 impian. Kayak wirda Mansyur anaknya Yusuf Mansur. Walaupun impian ku tidak seheboh hingga viral seperti wirda mansyur yang pingin memiliki pesawat jet pribadi. Diantara sekian impian yang pernah kutulis adalah menikah dan punya anak. Mungkin bagi sebagian orang menikah hal yang bukan wow dan biasa aja. Tapi bagiku, yang dari kecil disabilitas, dan jarang ada lawan jenis yang suka itu adalah karunia yang luar biasa yang Allah berikan. Karena banyak teman-teman saya yang disabilitas tidak menikah, tidak punya pasangan hdup.

Masalah jodoh kan misteri Illahi, banyak juga wanita cantik dan sempurna karena sesuatu hal tidak menikah. Makanya aku tuh sangat bersyukur karena udah menemukan seseorang yang menjadi pendamping hidup, yang menerima dan mencintaiku apa adanya. Aku juga punya putra dan putri yang akan menjadi penerus perjuanganku.

Masih banyak yang ingin aku capai, impian-impianku. Tapi bagaiamapun juga harus realisitis dengan keadaan. Karena sekarang udah saatnya mengerem ambisi-ambisi dunia yang hanya sementara. Sekarang aku lebih ingin beribadah lebih khusuk. Memantaskan diri untuk mendapatkan jamuan Allah di tanah suci, aku ingin lebih banyak lagi belajar tentang akhirat. Bukan berarti aku meninggalkan urusan dunia sepenuhnya, urusan dunia semampunya saja. Aku tidak mau terlalu ngoyo mengejar dunia yang akan aku tinggalkan.

Bersyukur,bahagia itu yang aku rasakan saat ini, mudah-mudahan perasaan bahagia, penuh rasa syukur, akan terus melimpah di keluarga kecil kami. Mudah-mudahan ini adalah satu tanda rumah tangga berkah yang Allah curahkan untuk saya khususnya. Setiap waktu hubungan semakin harmonis, anak-anak semakin dewasa dan sholih juga sholihah, mudah-mudahan dijauhkan dari siksa dunia dan akhirat.

Amiin ...see you next time bestie..

 

IG :@Nurhayati_35

Youtube : chanel citra

 

 

0

Rabu, 13 Juli 2022

HOTEL ALANA THE CONVENTION CENTER SOLO


 

Bismillah, alahamdulillah berkesempatan lagi untuk berpetualang ke kota Solo. Kalau ke kota Solo jangan lupa bestie mampir ke soto batok. Sebenernya rasanya tidak ada yang istimewa, tapi karena penyajiannya unik dan mungkin punya daya tarik pembeli karena tempatnya selalu ramai dikunjungi.

Oh iya kali ini saya menginap di hotel Alana Convention center, hotel ini termasuk hotel bintang 4 yang ramah bagi anak. pokoknya hotel ini rekomended banget kalau bawa keluarga. Kenapa saya bilang begitu, karena bisa dilihat dari lobi yang luas, terdapat satu sudut untuk tempat bermain anak. nah kalau kita menunggu di lobi juga tidak akan bosan.

Selain itu tesedia juga kamar superior family, dan delux family. Jika membawa keluarga saya sarankan memesan kamar tipe tersebut. Untuk makanan lumayan wort it. Ada bermacam pilihan sarapan, ada hidangan eropa dan tradisional. Pilihan kudapan juga bermacam-macam. Yuk saksikan video nya di Youtube.



Selain Alana Solo, alana Yogyakarta juga bagus. Bisa dilihat disini ya. Jangan lupa like komen dan subcribe.

 


IG. @Nurhayati_35

Youtube : Chanel Citra

 

0