Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 21 April 2019

Gejala dan Cara Mengatasi Asam Lambung Naik


Jangan anggap sepele penyakit asam lambung
Beberapa hari yang lalu suami saya sakit, gejalanya badan lemes, kerongkongan sakit dan terasa kering. Kami mengira hanya karena sudah flu jadi imbasnya badan lemes. Setelah diperiksa ternyata asam lambung naik. Penyebabnya bisa dari pikiran atau obat dengan dosis tinggi, kalau pikiran, kira-kira paksu mikirin apa ya? Tapi kalau obat, bisa jadi karena dia baru saja dari dokter 24 jam, mungkin obat flu dosis tinggi. Alhamdulillah sekarang udah normal dan beraktifitas seperti biasa, ternyata asam lambung naik jangan disepelekan karena asam lambung bisa berakibat ke mana-mana.
Gejala umum asam lambung tinggi bisa di rasakan sebagai berikut
1.       Nyeri ulu hati, ini diakibatkan asam lambung naik ke esophagus. Sehingga tulang dada terasa nyeri dan terbakar.
2.      Refluks asam lambung atau asam di perut naik kembali kekerongkongan dan juga mulut, akibatnya mulut terasa asam dan pahit.
3.      Radang pada kerongkongan atau laryngitis. Ini menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau.
4.         Batuk kering.
5.         Nyeri saat menelan
6.         Perut kembung dan bersendawa
7.         Bau napas
8.         Gigi rusak
Bila gejala tersebut Anda alami, cepat cek ke dokter. Tapi bila masih ringan bisa diatasi dengan mengubah pola makan. Biasanya dokter memberikan antasida untuk meredakan dan menurunkan asam lambung.
Namun seperti kita ketahui obat-obatan kimia akan mengakibatkan efek samping pada kesehatan di masa yang akan dating. Sebaiknya  kita hindari dulu obat-obatan kimia, berikut cara mengatasi asam lambung yang sedang naik.
Nah bagaimana cara mengatasi nyeri ulu hati yang terkadang datangnya mendadak. Pertolongan pertama adalah cobalah berbaring dengan kondisi kepala lebih tinggi, lalu ganti pakaian dengan yang lebih longgar, dan cobalah mengunyah permen karet karena dengan mengunyah permen karet akan menghasilkan banyak liur dan menghilangkan rasa asam dilidah.
Untuk Anda yang memiliki riwayat mag dan  penyakit lambung, cobalah tips berikut:
1.      Hindari makanan yang mengiritasi lambung seperti kopi, minuman beralkohol, makanan pedas dan berlemak.
2.      Mengatur porsi makanan, makan sedikit tapi sering.
3.      Mengunyah makanan dengan lembut.
4.      Rajin berolah raga untuk menjaga berat badan.
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!