Memberi dan Menginspirasi

Sabtu, 24 Desember 2016

Wisata Cipanas Garut, Alternatif Liburan Keluarga


Garut merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit keluarga, selain jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah,  wisata Garut juga murah meriah terutama pemandian air panasnya. Kolam air panas langganan keluarga saya adalah kolam renang Purbasari, letaknya tidak jauh dari Ciengang, Pemandian Ciengang panasnya melebihi rata-rata, jika tidak kuat jangan memaksakan diri, tapi setelah mandi di Ciengang badan menjadi enak, biasanya yang mandi di sini mereka yang ingin terapi atau berobat.
Kalau kolam Purbasari panasnya sedang anak-anakpun senang mandi di sana, bayarnya hanya tujuh ribu rupiah untuk anak-anak, dan empat belas ribu rupiah untuk dewasa. Mandi di air panas bisa menghilangkan pegal-pegal sangat cocok bagi Anda yang bekerja seharian, ketika air pancuran yang panas mengenai kulit punggung, rasanya hingga ke tulang. Pertama kena air memang rasanya panas sekali, teruslah bertahan, dan kesananya merasa biasa.
Air panas yang bersumber dari gunung Guntur ini memang dipercaya juga menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal. Mungkin   karena kandungan alami dari pegunungan yang membuat air ini berbeda dengan air panas biasa.


Merupakan anugrah Allah yang tiada terkira adanya sumber air panas ini, khususnya bagi warga Garut dan sekitarnya. Dengan kekayaan alam yang melimpah dan tiada henti ini Garut terkenal hingga mancanegara. Industri pariwisata berkembang pesat. Itulah sebabnya, Garut menolak pendirian pabrik diwilayahnya, karena akan merusak alam lingkungan. Dan kini Garut fokus dengan industri pariwisata.
Hal itu terlihat dari banyaknya hotel dan rumah makan di sekitar kolam renang, selain pemandian air panas, ada juga outbound dan paralayang yang tak kalah menarik. Gerai oleh-oleh bisa dengan mudah ditemui, Ya pokoknya wisata ke Garut asyik. Jika pemerintah daerah dan masyarakat sekitar bisa mengembangkan dan melakukan promosi pariwisata dengan maksimal saya yakin wisata Garut bisa menandingi Bali. Kunci mengapa Bali bisa mendunia, karena masih menjaga budaya dan kearifan lokal. Garut juga  memiliki panorama alam yang eksotis dan kearifan lokal yang khas. Walau pun saya bukan orang Garut, tapi saya bangga sebagai warga Jawa Barat jika wisata Garut berkembang. Ayo ini PR untuk pemerintah setempat dan tentunya para pengusaha juga masyarakat untuk menjaga budaya dan kearifan lokal.

3

3 komentar:

  1. Seberapa panas sih, mba? Berapa derajat ya kira kira..tapi anak anak seru ya mainnya, ga merasa panas.ditempatku juga ada pemandian air panas namanya Suban

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di kolam purbasari panasnya sedang, tapi kalau di Ciengang panasnya pool, anak-anak nggak akan tahan.

      Hapus
  2. Wisata Cipanas Garut ini ternyata sudah terkenal di daerah Jawa Tengah kak. Saya jadi penasaran pengin berkunjung ketika ke Garut. Salut sama pihak industri pariwisatanya yang peduli untuk mempromosikan Garut. Ijin share boleh ya, kak? :)

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!