Memberi dan Menginspirasi

Sabtu, 11 Maret 2017

Manfaat Susu Hamil Bagi Bayi




Anak saya yang pertama sudah 8 tahun dan yang kedua 6 tahun. Pertumbuhan keduanya sangat bagus, anak yang pertama alhamdulillah tumbuh tinggi. Saya rasa ini ada hubungannya dengan asupan makanan saat hamil. Ketika hamil dulu saya selalu mengutamakan gizi dalam makanan yang saya konsumsi. Itu sudah pasti siapa pun dia  ingin yang terbaik untuk buah hatinya. Zaman sekarang saya rasa kalau urusan gizi sudah pada tahu, tak ada anakyang kekurangan gizi, pengaruh informasi dari media dan pihak kesehatan tentu sangat bermanfaat bagi ibu hamil.
Tapi ada lho yang masih berprinsip kalau minumsusu saat hamil akan membuat anak itu lahir abnormal dalam hal berat badan dan menyebabkan operasi cesar. Ini pengalaman saya sendiri saat tinggal di Sulawesi, waktu itu anak saya yangpertama masih usia 7 bulan,  melihat anak saya yang gendut menggemaskan seorang tetangga  yang sedang hamil mengatakan, “Lagi hamil makanannya apa? Anaknya sehatdan gendut.”
“Makanannya seperti biasa kita makan aja, hanya kalau lagi hamil saya tambah dengan susu hamil dan buah-buahan yang banyak.” Jawab saya.
“Wah bu jangan minum susu kalau lagi hamil, nanti anaknya lahir dengan berat badan abnormal dan harus di operasi.” Kata ibu tersebut.  mendengar kata-kata ibu itu saya hanya bisa melongo, tapi mungkin karena ibu itu memang tinggal di kampung dan berpendidikan rendah, jadi saya juga tidak menyalahkan kalau ia berpendapat begitu. Anak saya juga lahir besar, tulang-tulangnya keras, tapi alhamdulillah lahir normal tidak pake operasi.
Kembali ke judul manfaat susu hamil bagi bayi sangat banyak, pertama untuk pemenuhan gizi dan protein. Bagi saya susu paling mudah didapatkan dan paling mudah penyajian. Setelah bayi itu tumbuh remaja tubuhnya akan lebi tinggi dibandingkan dengan yang tidak minum susu, ini terbukti anak saya  dibandingkan teman-teman seusianya  tidak kalah tinggi.
Manfaat lainya yaitu mencerdaskan otak anak, ini menurut hasil penelitian yang katanya susu bisa meningkatkan IQ anak. Alhamdulillah kedua anak saya juga cerdas-cerdas, mudah-mudahan kecerdasannya selalu diiringi dengan kesalehan sehingga setelah besar nanti tidak salah jalan. Amiin kan ya...
Menurut teori sih, minum susu juga bisa meningkatkan insulin pada darah, jadi terindar dari diabetes. Kalau yang satu ini saya memang belum mengujinya. Saya berdoa saja mudah-mudahan anak-anak tumbuh sehat, banyak rezeki dan panjang umur. Amiin              
0

Minggu, 05 Maret 2017

Resep Menu Sarapan Diet Rendah Kalori


Masalah berat badan saat ini sudah menjadi masalah serius bagi wanita,  karena  banyak dari mereka yang tidak pede dengan berat badannya.  Termasuk saya, he..he.., karena saya ada keturunan obesitas jadi ya saya harus mengatur pola makan jika tidak mau badan melar terus.
Keluarga saya keluarga besar, alias gendut-gendut. Jadi orang gendut itu tidak enak, karena susah bergerak belum lagi terancam penyakit gula dan jantung.  Ade perempuan saya gendutnya melebihi saya, sebenarnya saya kasihan kalau lihat orang terlalu gendut, karena gendut itu bukan berarti orang senang, dan kurus bukan berarti orang susah. Yang jelas gendut itu bisa menimbulkan berbagai penyakit. Saya berdoa mudah-mudahan dia sehat terus dan panjang umur, amiin.
Saya juga mulai resah, karena menurut teman-teman, saya sudah mulai melar. Aduh harus mulai diet nih, tapi dietkan tidak mudah. Dari dulu niat diet, susahnya minta ampun.  Setelah saya konsultasi dengan teman yang ahli gizi, akhirnya saya disaranin untuk diet rendah kalori.
Dari sedikit penjelasan teman saya tersebut saya jaditahu apa itu diet rendah kalori yaitu mengatur pola makan sehari jangan lebih dari 1.500 kalori, caranya yaitu dengan mengatur porsi makan pagi, siang dan malam.  Memang sedikit ribet sih karena kita harus menakarnya.  Apalagi saya orangnya tidak mau ribet. Setelah saya googling sana-sini, saya menemukan resep  makanan untuk sarapan yang rendah kalori. Dan keenam resep ini sangat mudah untuk dijalankan, bahan-bahannya juga gampang didapat. Insya Allah mulai sekarang saya mulai membiasakan dengan sarapan sehat rendah kalori, selamat tinggal nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur. 
Berikut adalah resep diet rendah kalori yang  gampang untuk sarapan sehari-hari
1.      Telur, telur adalah makanan yang paling gampang diperoleh dan cara penyajiannya juga mudah. Telur bisa diperoleh di pasar-pasar, toko-toko dekat rumah, atau minimarket. Telur bisa direbus atau dibuat omelet. Dua buah telur sudah memenuhi 150 kalori, selain itu protein yang terkandung dalam telur bisa memenuhi kebutuhan protein harian.
2.      Oatmeal, oatmeal bisa dibeli di minimarket atau pasar. Cara penyajiannya sangat gampang, oatmeal dicampur dengan air hangat, bisa dicampur dengan madu atau buah. Semangkuk bubur oatmeal bisa bertahan hingga waktu makan siang.
3.      Roti gandum,  sekarang banyak tersedia di minimarket, cara penyajiannya dengan isi telur atau daging asap, ditambah salada. Menu ini sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein dan serat harian.   
4.      Smoothies, cara membuatnya gampang sekali , campurkan 100 ml susu skim dan satu buah pisang. Satu buah pisang sudah mengandung karbohidrat dan magnesium, sedangkan susu untuk memenuhi  kebutuhan  kalsium.
5.      Buah, sarapan buah sangat diajurkan untuk yang sedang diet. Karena buah sudah mengandung karbohidrat dan gula alami.  Bisa di variasaikan setiap hari antara buah pisang, melon, anggur atau apel.
6.      Yogurt, ini adalah pilihan terakhir. Karena saya tidk begitu menyukai yogurt. Cara penyajian yogurt bisa dipadankan dengan buah-buahan.
Itulah resep sarapan untuk diet rendah kalori, semoga bermanfaat.


   
0

Jumat, 10 Februari 2017

Cuaca Ekstrim jangan Sampai Drop, Sedia selalu Stimuno Forte



Masuk bulan Februari curah hujan semakin sering, paling males kalau pagi-pagi hujan maunya menarik selimut kembali tidur, tapi apalah daya tugas tak bisa di tinggal. Akhirnya di pagi yang masih gelap sudah keluar rumah dalam keadaan hujan deras. Walaupun pakai payung, tetap saja  baju basah dan kedingingan.   
Sudah bertekad jangan sampai sakit, kalau sakit kasihan anak-anak.  Kerjaan   kantor juga lagi tidak bisa ditinggal.  Selain itu ada beberapa tulisan yang harus segera diselesaikan.  Makanya begitu kehujanan aku langsung cari suplemen di apottek.  Kebetulan apotik tidak jauh dari kantor, jadi pas jam istirahat aku langsung menuju ke sana.
Penjaga apotik menyarankan untuk minum Stimuno Forte  untuk menjaga kekebalan tubuh saat musim hujan.  Tapi aku orangnya tidak gampang percaya dengan obat-obatan. Jadi sebelum membelinya aku browsing dulu di smartphone, dan aku menemukan artikel yang bagus di sini http://www.serbaherba.com/daya-tahan.  Ak hirnya aku putuskan untuk membeli yang kemasan kecil. Aku takut suplemen yang tidak ramah dilambung dan nantinya mempengaruhi sistem ginjal. 


Dulu sebelum mendengar penjelasan dari penjaga apotik aku mengira stimuno itu vitamin untuk anak. Maklumlah aku terkadang kudet.  Tapi memang bener lho, setelah rutin minum stimuno Forte setiap hari, makan makanan sehat dan olahraga teratur, aku jadi jarang sakit. Padahal kegiatanku padat, ya dirumah ya di kantor.   Aku juga berniat membelikan anak-anak stimuno syrup, biar anak-anak juga nggak gampang sakit.
Dari hasil browsing dan keterangan penjaga apotik aku jadi tahu kalau Stimuno itu berbeda dengan vitamin atau suplemen yang lainnya, karena Stimuno bekerja langsung memperbaiki sistem imun.  Dan sudah teruji secara klinis bisa membantu proses penyembuhan.
Mengapa aku merasa perlu  untuk mengkonsumsi Stimuno Forte? Sebagai seorang wanita yang  bekerja di ibukota yang setiap hari beraktivitas  tinggi, kondisi stress akibat tuntutan pekerjaan,  asupan gizi yang tidak seimbang (seringnya makan junkfood), terkadang jam tidur kurang dan perubahan cuaca yang tidak menentu, membuat  sistem imun menurun. Dan penyakit pasti berdatangan. Apalagi penyakit jaman sekarang serem-serem.  Untuk menjaga kesehatan tubuh aku memilih Stimuno Forte yang terbuat dari herbal  ekstrak tanaman meniran (Phylanthus Niruri). 


Oh ya kalau sedang sakit konsumsinya 3 kali sehari, tapi kalau yang sehat cukup satu kali sehari. Sehat memang penting, karena kalau kita sehat banyak yang bisa kita lakukan. Bersyukurlah atas nikmat sehat dengan terus menjaga kesehatan.  Jika sudah sakit tidak cukup uang sedikit untuk mengobati. Memang  ada  benar ya,  peribahasa mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Itu sekelumit pengalamanku menjaga kesehatan tubuh, bagi yang mau berbagi pengalaman bisa meninggalkan jejak di sini ya!


19

Senin, 30 Januari 2017

PENYEBAB KETUBAN PECAH DINI DAN CARA MENGATASINYA


Kehamilan merupakan masa yang paling dinanti oleh setiap wanita, saya merasa bersyukur sekali pernah merasakan hamil. Karena masa-masa itu adalah masa yang paling indah. Tidak semua wanita bisa merasakan hamil, dan di belahan bumi mana pun  wanita yang sedang merindukan kehadiran seorang anak, atau bahkan wanita yang sepanjang hidupnya tidak pernah merasakan kehamilan mudah-mudahan diganti kebahagiaannya dengan berlipat-lipat kebahagian dengan tetap mencintai anak-anak disekitarnya.
Mengenang masa kehamilan, jadi ingat saat-saat mau melahirkan. Saat kelahiran pertama didahului dengan pecah ketuban. Saat itu aku kaget, karena air merembes seperti kencing tapi tidak bisa tertahan. Lalu aku ingat ciri-ciri orang yang mau melahirkan adalah keluar air ketuban. Segera aku hubungi dokter. Ba’da isya pecah ketuban, jam tujuh pagi anak pertamaku lahir normal, alhamdulillah bahagia dan lega rasanya.

Oh iya sebenarnya apa itu air ketuban? Di dalam rahim, bayi dikelilingi oleh kantung membran, kantung membran tersebut berisi air ketuban. Air ketuban ini pecah ketika mendekati proses kelahiran. Ciri-ciri air ketuban warnanya bening seperti urin tapi ada juga yang bercampur darah.
Tapi walaupun normalnya pecah saat mau melahirkan, air ketuban ini bisa pecah dini artinya pecah sebelum masa kehamilan berumur 37 minggu. Dan ini bisa menyebabkan bayi lahir prematur atau terpaksa dilahirkan sebelum waktunya.
Penyebab ketuban pecah dini belum bisa dipastikan, namun kita bisa lihat dari faktor resikonya diantaranya adalah:
1.         Ibu hamil mengalami stress.
2.        Ibu hamil perokok.
3.        Ibu pernah terjatuh atau kecelakaan motor.
4.        Ibu hamil pernah biopsi serviks.
5.        Ibu  hamil mengalami infeksi leher rahim.
6.        Kantung ketuban terlalu melar, diakibatkan oleh jumlah janin dalam kandungan.
7.        Pendarahan.
8.        Tekanan darah yang kurang terkontrol.
9.        Pernah mengalami ketuban pecah sebelumnya.
Jika mengalami ketuban pecah dini, jangan dulu panik. Segera datangi dokter dan ibu akan diperiksa dan tes  laboratorium, selain itu juga di periksa kondisi bayi  untuk tindakan selanjutnya.
Alangkah lebih baik, untuk menghindari ketuban pecah dini, ibu hamil menjaga kehamilannya dengan  mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memeriksakan kondisi kehamilan pada bidan atau dokter minimal satu kali dalam satu bulan, lalu setelah kehamilan semakin membesar frekuensi pemeriksaan lebih ditingkatkan.
Alhamdulillah kedua anakku lahir secara normal dan lancar, dan tidak mengalami pecah ketuban sebelum waktunya.  ibu-ibu yang pernah mengalami pecah ketuban dini bisa sharing di kolom komentar ya. Aku tunggu ya!
2

Minggu, 08 Januari 2017

Aktivitas Fisik dan Tumbuh Kembang Anak


Keseharian saya saat ini bergaul dengan ibu-ibu senior, mereka rata-rata memiliki anak yang duduk di bangku kuliah. Bagi saya bergaul dengan mereka ada bagusnya juga, dengan begitu saya banyak belajar dari mereka cara mendidik anak ditengah kesibukan sebagai wanita karier. Alhamdulillah saya banyak sharing tentang tumbuh kembang anak, sekolah dan manajemen waktu.
Dari obrolan ringan biasanya ibu-ibu menceritakan kebiasaan anak-anaknya.  Menurut penuturan ibu Fulanah yang memiliki 3 anak, olahraga dan aktifitas fisik sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Ini terlihat jelas  pada anak-anaknya yang kini sudah Kuliah semester akhir, dan yang kedua kuliah semester 2, yang ketiga kelas 3 SMP.
Ketiga anaknya memiliki postur tubuh yang berbeda, anak yang pertama pertumbuhannya bagus saat SD-SMP tapi setelah itu pertumbuhannya berhenti, berbeda dengan anak kedua dan ketiga yang terus bertumbuh melebihi kakaknya yang pertama. Setelah diamati ternyata, anak yang pertama tidak begitu suka olahraga, sedangkan anak kedua dan ketiga mereka sangat gemar olahraga dan aktivitas fisik seperti  main bola, futsal, basket dan bersepeda.


Sebenarnya tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh 4 faktor
1.     Faktor genetik, merupakan faktor keturunan dari orang tua. Jika memang ayah atau ibunya bertubuh pendek, kemungkinan besar salah satu dari anaknya juga bertumbuh pendek.
2.    Makanan, tentu makanan dan asupan gizi sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Maka dari itu penting sekali memberikan makanan yang bergizi pada anak-anak terutama pada masa pertumbuhan.
3.    Sentuhan ibu, sentuhan dan pelukan orang tua di yakini sangat membantu pertumbuhan anak. Anak yang sering mendapatkan pelukan orang tua cenderung lebih percaya diri dan mampu mengatasi masalah dalam hidupnya.
4.    Kegiatan fisik atau olahraga, seperti yang saya tuliskan di atas bahwa olahraga atau aktivitas fisik bisa  membuat pertumbuhan fisik lebih optimal.
Lalu bagaimana dengan anak-anak diera digital saat ini, mereka kurang melakukan aktifitas fisik seperti main di lapangan, bersepeda, main tali dan lain sebagainya. Mereka lebih asyik dengan gadget dan game online. 
Ya itu memang suatu permasalahan bagi ibu-ibu zaman sekarang. Tapi gadget sekarang tidak bisa dihindari,  karena ayah-ibunya juga main gadget. Untuk anak-anak tetap harus di siasati. Saya memiliki cara sendiri, yaitu menetapkan aturan setiap dua jam anak-anak main HP dan nonton TV harus lari di depan rumah dari ujung gang hingga ujung gang berikutnya. Alhamdulillah cara ini efektif, selain untuk mengakali agar anak tidak terus-terussan main gadget, hal ini juga bagus untuk sirkulasi oksigen ke otak.


3

Jumat, 06 Januari 2017

Jalan-Jalan Murah Naik Bus Keliling Ibukota


Liburan sekolah hampir selesai, tapi tidak ada salahnya jika saya posting liburan murah, ada beberapa hari lagi untuk sobat yang belum pernah naik bus wisata keliling Jakarta. Yap kini di Jakarta ada lagi bus tingkat yang fungsinya untuk wisata. Bus ini gratis dari Pemprov DKI untuk warga Jakarta dan pengunjung yang ingin menikmati jalan-jalan protokol di ibukota.
Kalau di Bandung sebutan untuk bus wisata ini  Bandros, di Jakarta ada lagi sebutannya yaitu Mpok Siti.  Bus ini berisi kurang lebih 70 orang, dan untuk naik bis ini disediakan halte khusus dengan gambar bus tingkat dan tulisan city tour. Karena gratis peminatnya cukup banyak terutama di hari libur, sehingga kita harus antri untuk naik bus tingkat ini. tapi jangan khawatir bis berikutnya akan segera datang.
Seperti pada tahun baru 1 Januari 2017, saya ngajak rombongan terdiri dari anak, ponakan, sepupu dan orang tua dari Bandung naik bus wisata keliling Jakarta. Seru juga lihat pemandangan dari atas bus tingkat. Tapi sayang sekarang tidak ada lagi pemandu wisata yang menjelaskan bangunan-bangunan bersejarah di kota Jakarta. Anak-anak sangat menikmati dan bergembira di bus tingkat. Tak lupa selvi dan ambil foto-foto pemandangan dari atas bus.  



Bus tingkat ini di rancang senyaman mungkin untuk penumpang, jumlah penumpang dibatasi tidak melebihi kapasitas kursi. Walaupun di halte sudah membludak penumpang yang antri, kondektur hanya memperbolehkan penumpang yang sudah mendapat karcis sesuai kuota penumpang. Jadi di dalam bus jangan khawatir kepanasan.
Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang mau nyoba naik bus tingkat ini tinggal datang ke salah satu Halte berikut: Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, dan Sarinah.

2

Selasa, 03 Januari 2017

8 Cara Agar Resolusi 2017 bisa terwujud


Saya termasuk orang yang rajin buat resolusi, setiap akhir tahun pasti ada oret-oretan resolusi  yang di buat.  Tapi resolusi hanyalah tinggal coretan di atas kertas saja, terkadang  tidak di barengi dengan ikhtiar yang nyata. Walaupun begitu dipenghujung tahun berikutnya pasti semangat buat resolusi lagi. Sebagai penulis resolusinya pasti tidak jauh dari capaian menulis buku solo,  jika di tahun 2015 saya menargetkan 10 buku tapi yang tercapai hanya 3 buku, di tahun 2016 saya hanya menargetkan 1 buku solo, dan hasilnya tidak ada satu pun buku yang terbit. Saya menargetkan 1 buku di tahun 2016 karena sudah berbeda kesibukannya.  Tapi saya ingin menulis buku yang memang berkualitas dan dibutuhkan pasar.
Menuliskan resolusi ada banyak manfaatnya, diantaranya sebagai penyemangat jika kita sedang lemah dan lesu. Sebagai pengingat, tapi sekarang saya tuliskan di blog, bukan untuk ria atau sombong.  Dengan menulis di blog  harapan  saya lebih banyak yang membaca dan mengaminkan, dan semua cita-cita bisa tercapai.
Resolusi saya  tahun 2017 juga masih sama menerbitkan satu buku anak yang fenomenal,  dan satu lagi saya ingin punya rumah tanpa riba di tahun 2017, saya bosan ngontrak rumah terus. Mudah-mudahan 2 resolusi saya tercapai.  Setiap cita-cita dan harapan keduniaan saya tuliskan, tak lupa juga saya tuliskan resolusi yang menyangkut ruhiyah.  Saya menargetkan capaian harian ibadah saya kepada Allah. Diantaranya sholat awal waktu,   sholat malam minimal 3 kali dalam sepekan, tilawah minimal 1 juz, menghapal  juz 29, murojaah juz 30, dan sedekah kepada fakir miskin dan anak yatim. Saya yakin dengan menjalankan ritual ibadah tersebut,    bisa mempercepat goal cita-cita keduniaan yang saya miliki.
Sebagai seorang istri dan juga ibu, saya juga punya target dan resolusi, saya   ingin lebih kompak bersama suami untuk menjaga keharmonisan  rumah tangga, dan kuncinya memang berada di tugas saya sebagai seorang istri yang bisa menentramkan rumah. Saya ingin ditahun ini menjadi ibu yang lebih banyak mendengar daripada bicara.
Saya akan terus berdoa dan berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut, lalu untuk memiliki rumah tanpa riba di tahun ini apa saja yang sudah dan akan saya lakukan.
1.      Berhemat, hidup hemat sudah saya terapkan sejak lama. Saya selalu membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.
2.     Selalu membawa bekal ke kantor, membawa bekal makan siang bisa lebih menghemat pengeluaran selain itu juga lebih sehat.
3.     Kurangi belanja online. Banyaknya tawaran dari berbagai olshop terkadang membuat rekening kita kebobolan. Jadi waspadalah terhadap diskon olshop.
4.     Mencatat pengeluaran dan pemasukan secara rutin
5.     Membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket.
6.     Menambah penghasilan sampingan dengan tidak mengganggu pekerjaan inti. Pilihan saya tetap ngeblog dan nulis buku.
7.     Memperbanyak sedekah.
8.     Mencari KPR syariah dan merencanakan dengan matang berapa DP dan cicilan perbulan agar keuangan keluarga tetap sehat.
Itulah resolusiku 2017, amiinkan ya sobat!
Tulisan ini dikutkan dalam Hidayah Art-First Giveaway “Resolusi Tahun 2017 yang paling ingin saya wujudkan”



1