Memberi dan Menginspirasi

Selasa, 13 Juni 2017

Sukses Diet Dengan Kombinasi Mentimun dan Lemon

 
Mempunyai tubuh yang sehat tentu menjadi idaman semua orang. Namun selain sehat, tubuh idealpun tidak kalah pentingnya. Oleh sebab itu banyak orang terutama wanita berlomba lomba diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Berbagai cara dilakukan agar mendapatkan tubuh ideal, mulai dari rutin berolahraga hingga menjaga asupan makan. Salah satu cara diet alami yang bisa kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti lemon dan mentimun. Kandungan nutrisi buah ini tidak diragukan lagi, sehingga sangat baik untuk dijadikan menu program diet kamu. Berikut ini resep mengolah lemon dan mentimun yang sesuai dengan program diet.

Bahan yang Diperlukan :

·           1 buah lemon
·           1/2 buah mentimun
·           1 gelas air

Cara Membuat:

·                Siapkan segelas air minum
·                Masukkan irisan lemon dan mentimun ke dalam air minum
·                Diamkan campuran ini selama satu malam
·                Minum segera di pagi hari setelah bangun tidur dalam kondisi perut masih kosong dan belum sarapan

Campuran infuse water di atas dapat digunakan untuk kamu yang ingin mengecilkan perut. Hal ini karena keduanya memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kandungan potasium pada mentimun. Kandungan potasium ini mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sedangkan buah lemon tinggi akan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh kamu.

Banyak sekali manfaat dari buah lemon. Pakar diet pun merekomendasikan mengkonsumsi air hangat ditambah dengan perasaan lemon dan di minum setiap pagi. Selain membantu membakar lemak dalam perut, lemon juga dipercaya membuat kulit lebih sehat, berikut manfaat lemon yang harus diketahui.

Mencegah Minum Kafein
Untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal, cobalah mengganti kopi dan minuman lain yang mengandung kafein dengan air lemon. Kopi memiliki kandungan diuretik yang membuat kamu buang air kecil terus menerus, sehingg lebih baik beralih ke air lemon yang bisa melancarkan saluran pencernaan kamu.

Membersihkan Sistem Pencernaan
Tidak semua makanan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Oleh sebab itu utnuk membantu proses pembuangan racun, kamu bisa mengkonsumsi air lemon setelah selesai makan. Selain membuat mulut lebih segar, air lemon juga dapat melancarkan saluran pencernaan serta menghindarkan tubuh dari penumpukan lemak.

Meningkatkan Sistem Kekebalan
kandungan vitamin C pada lemon sangat bermanfaat untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan juga membantu menyerap zat besi ke dalam aliran darah. Selain itu kandungan asam askorbat pada air lemon juga berguna untuk membantu menyembuhkan luka serta peradangan pada sendi.

Mengurangi Berat Badan
Sudah pasti lemon dapat menurunkan berat badan, karena air lemon memiliki indeks glikemik rendah yang membuat gula darah kamu tetap stabil, serta membuat kamu kenyang terus. Dengan mengkonsumsi lemon, kamu dapat tetap berenergi sepanjang hari. Hal ini dikarenakan serat pektin pada lemon yang membantu mencegah kamu dari rasa lapar.

Manfaat Hebat Mentimun
Selain buah lemon yang kaya akan vitamin, mentimun juga termasuk golongan sayuran yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Sayuran yang mudah didapatkan di dataran asia ini memang sudah terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi tak heran jika banyak produk kecantikan yang terbuat dari kandungan sehat mentimun. Nah berikut ini beberapa manfaat mentimun yang baik untuk tubuh kita.


Meningkatkan Memori dan Menjaga Fungsi Otak
Mentimun mengandung zat flavanol atau fisetin yang memiliki manfaat dalam meningkatkan memori serta melindungi sel saraf otak. Oleh sebab itu, mentimun dapat menghindarkan kita dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Jadi buat kamu yang ingin memiliki daya ingat lebih tajam, konsumsi mentimun setiap hari bisa membantu kamu memiliki daya ingat lebih tajam.

Menjaga Asupan Air Bagi Tubuh
Sayuran segar seperti mentimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibandingkan air biasa. Oleh sebab itu, mentimun dapat menghindari kita dari dehidrasi. Selain itu mentimun membantu menetralkan toksin dalam tubuh sehingga kesehatan kita lebih terjaga.

Menjaga Berat Badan
Mentimun sangat rendah kalori, itulah sebabnya banyak orang menggunakan nya sebagai menu diet pengganti cemilan. Kandungan serat dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus yang berguna memperlambat pencernaan. Hal ini menyebabkan perut kita akan terasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengontrol berat badan.

Mencegah Kerutan pada Kulit
Tak hanya untuk kesehatan di dalam tubuh saja, mentimun juga baik untuk kebutuhan nutrisi kulit. Salah satunya memberikan kesegaran alami pada kulit karena sifatnya yang mengandung air sehingga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan potongan timun pada kulit secara rutin.

Itulah kombinasi lemon dan mentimun yang bisa menurunkan berat badan. Cara alami membentuk tubuh ideal seperti ini bisa kamu coba dirumah. Selain dapat menurunkan berat badan, kedua sayuran ini juga memiliki manfaat penting untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari si lemon dan mentimun. Jangan lupa makan lemon dan timun ya.


0

Senin, 05 Juni 2017

Waspada penyakit Gondongan



Tiga minggu yang lalu Andi anak saya yang sulung badannya panas, ia lemas. Untuk pertolongan pertama saya beri obat penurun panas. Namun dua hari kemudian bagian leher dan pipi membengkak. Setelah konsultasi dokter, Andi kena gondongan yang diakibatkan oleh virus Paramixxovirus, kemungkinan nular dari temannya yang gondongan juga atau dari makanan yang kurang bersih.
Sembuh sisulung pindah adeknya yang sakit, sakitnya sama bengkak sekitar leher dan pipi. Walaupun penyakit ini cenderung tidak berbahaya, namun tidak bisa diremehkan sebab bisa infeksi dan menimbulkan penyakityang lebih berbahaya. Seperti anakku yang kedua tidak bilang sakit, jadi penanganannya telat kata dokter sudah infeksi. Selain bengkak timbul benjolan sebesartelur di area leher. Kaget dan kasihan lihatnya.
Singkat cerita anak saya sembuh, dan ujungnya saya juga kena. Mungkin karena kondisi saya yang kurang fit dan terlalu cape, virus itu pun menyerang saya. Setelah saya mengalami sendiri sakitnya seperti apa saya mulai cari tahu tentang penyakit ini. 

Awalnya saya mengira gondongan sama dengan penyakit gondok, ternyata saya salah karena gondok merupakan penyakit akibat kurang yodium, sedangkan gondongan diakibatkan oleh virus. Walau pun gejala yang ditimbulkan hampir sama yaitu pembesaran kelenjar di area leher.
Gejala Gondongan
Terjadi pembengkakan pada kelenjar parotid akibatnya penderita akan sulit menelan, dan nyeri di area pipi. Selain itu gejala yang sering timbul seperti halnya penyakit flu yaitu nyeri sendi, pusing, hilang nafsu makan, lelah, nyeri bagian perut.
Komplikasi dari penyakit gondongan dapat terjadi diantaranya sebagai berikut:
-            Gangguan pendengaran permanen
-            Meningitis yang mengancam jiwa
-            Peradangan ovarium dan payudara
-            Pembengkakan testis.
Dari pengalaman merawat kedua anak saya yang kena gondongan, saya menerapkan tips-tips berikut:
-            Istirahat yang cukup
-            Perbanyak minum air putih
-            Jangan terlalu banyak makanan yang dikunyah, sebaiknya makan yang lunak-lunak.
-            Kurangi makanan asam
-            Tidak dianjurkan minum jus
-            Mengkonsumsi nutrisi yang cukup
-            Mengkompres bagian yang bengkak
Belum ada obat khusus untuk penyakit gondongan, penyakit ini akan berangsur pulih tergantung dengan kondisi tubuh seberapa kuat melawan virus. Pengobatan biasanya difokuskan untuk mengurangi rasa sakit dan keluhan yang terjadi. Biasanya penderita akan pulih kurang dari dua minggu.
Penyakit ini menular melalui udara, gelas atau handuk yang dipakai oleh penderita. Salah satu pencegahan dari penyakit ini adalah dengan menggunakan vaksin MMR pada anak usia 12-18 bulan dan diulangi ketika anak berusia 6 tahun.
Jika anak terlanjur terkena gondongan jangan ragu untuk segera ke dokter dan mendapat pertolongan pertama.
Mudah-mudahan sharing ini bermanfaat dan jaga kesehatan selalu terutama anak-anak kita. See you
0

Sabtu, 11 Maret 2017

Manfaat Susu Hamil Bagi Bayi




Anak saya yang pertama sudah 8 tahun dan yang kedua 6 tahun. Pertumbuhan keduanya sangat bagus, anak yang pertama alhamdulillah tumbuh tinggi. Saya rasa ini ada hubungannya dengan asupan makanan saat hamil. Ketika hamil dulu saya selalu mengutamakan gizi dalam makanan yang saya konsumsi. Itu sudah pasti siapa pun dia  ingin yang terbaik untuk buah hatinya. Zaman sekarang saya rasa kalau urusan gizi sudah pada tahu, tak ada anakyang kekurangan gizi, pengaruh informasi dari media dan pihak kesehatan tentu sangat bermanfaat bagi ibu hamil.
Tapi ada lho yang masih berprinsip kalau minumsusu saat hamil akan membuat anak itu lahir abnormal dalam hal berat badan dan menyebabkan operasi cesar. Ini pengalaman saya sendiri saat tinggal di Sulawesi, waktu itu anak saya yangpertama masih usia 7 bulan,  melihat anak saya yang gendut menggemaskan seorang tetangga  yang sedang hamil mengatakan, “Lagi hamil makanannya apa? Anaknya sehatdan gendut.”
“Makanannya seperti biasa kita makan aja, hanya kalau lagi hamil saya tambah dengan susu hamil dan buah-buahan yang banyak.” Jawab saya.
“Wah bu jangan minum susu kalau lagi hamil, nanti anaknya lahir dengan berat badan abnormal dan harus di operasi.” Kata ibu tersebut.  mendengar kata-kata ibu itu saya hanya bisa melongo, tapi mungkin karena ibu itu memang tinggal di kampung dan berpendidikan rendah, jadi saya juga tidak menyalahkan kalau ia berpendapat begitu. Anak saya juga lahir besar, tulang-tulangnya keras, tapi alhamdulillah lahir normal tidak pake operasi.
Kembali ke judul manfaat susu hamil bagi bayi sangat banyak, pertama untuk pemenuhan gizi dan protein. Bagi saya susu paling mudah didapatkan dan paling mudah penyajian. Setelah bayi itu tumbuh remaja tubuhnya akan lebi tinggi dibandingkan dengan yang tidak minum susu, ini terbukti anak saya  dibandingkan teman-teman seusianya  tidak kalah tinggi.
Manfaat lainya yaitu mencerdaskan otak anak, ini menurut hasil penelitian yang katanya susu bisa meningkatkan IQ anak. Alhamdulillah kedua anak saya juga cerdas-cerdas, mudah-mudahan kecerdasannya selalu diiringi dengan kesalehan sehingga setelah besar nanti tidak salah jalan. Amiin kan ya...
Menurut teori sih, minum susu juga bisa meningkatkan insulin pada darah, jadi terindar dari diabetes. Kalau yang satu ini saya memang belum mengujinya. Saya berdoa saja mudah-mudahan anak-anak tumbuh sehat, banyak rezeki dan panjang umur. Amiin              
0

Minggu, 05 Maret 2017

Resep Menu Sarapan Diet Rendah Kalori


Masalah berat badan saat ini sudah menjadi masalah serius bagi wanita,  karena  banyak dari mereka yang tidak pede dengan berat badannya.  Termasuk saya, he..he.., karena saya ada keturunan obesitas jadi ya saya harus mengatur pola makan jika tidak mau badan melar terus.
Keluarga saya keluarga besar, alias gendut-gendut. Jadi orang gendut itu tidak enak, karena susah bergerak belum lagi terancam penyakit gula dan jantung.  Ade perempuan saya gendutnya melebihi saya, sebenarnya saya kasihan kalau lihat orang terlalu gendut, karena gendut itu bukan berarti orang senang, dan kurus bukan berarti orang susah. Yang jelas gendut itu bisa menimbulkan berbagai penyakit. Saya berdoa mudah-mudahan dia sehat terus dan panjang umur, amiin.
Saya juga mulai resah, karena menurut teman-teman, saya sudah mulai melar. Aduh harus mulai diet nih, tapi dietkan tidak mudah. Dari dulu niat diet, susahnya minta ampun.  Setelah saya konsultasi dengan teman yang ahli gizi, akhirnya saya disaranin untuk diet rendah kalori.
Dari sedikit penjelasan teman saya tersebut saya jaditahu apa itu diet rendah kalori yaitu mengatur pola makan sehari jangan lebih dari 1.500 kalori, caranya yaitu dengan mengatur porsi makan pagi, siang dan malam.  Memang sedikit ribet sih karena kita harus menakarnya.  Apalagi saya orangnya tidak mau ribet. Setelah saya googling sana-sini, saya menemukan resep  makanan untuk sarapan yang rendah kalori. Dan keenam resep ini sangat mudah untuk dijalankan, bahan-bahannya juga gampang didapat. Insya Allah mulai sekarang saya mulai membiasakan dengan sarapan sehat rendah kalori, selamat tinggal nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur. 
Berikut adalah resep diet rendah kalori yang  gampang untuk sarapan sehari-hari
1.      Telur, telur adalah makanan yang paling gampang diperoleh dan cara penyajiannya juga mudah. Telur bisa diperoleh di pasar-pasar, toko-toko dekat rumah, atau minimarket. Telur bisa direbus atau dibuat omelet. Dua buah telur sudah memenuhi 150 kalori, selain itu protein yang terkandung dalam telur bisa memenuhi kebutuhan protein harian.
2.      Oatmeal, oatmeal bisa dibeli di minimarket atau pasar. Cara penyajiannya sangat gampang, oatmeal dicampur dengan air hangat, bisa dicampur dengan madu atau buah. Semangkuk bubur oatmeal bisa bertahan hingga waktu makan siang.
3.      Roti gandum,  sekarang banyak tersedia di minimarket, cara penyajiannya dengan isi telur atau daging asap, ditambah salada. Menu ini sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein dan serat harian.   
4.      Smoothies, cara membuatnya gampang sekali , campurkan 100 ml susu skim dan satu buah pisang. Satu buah pisang sudah mengandung karbohidrat dan magnesium, sedangkan susu untuk memenuhi  kebutuhan  kalsium.
5.      Buah, sarapan buah sangat diajurkan untuk yang sedang diet. Karena buah sudah mengandung karbohidrat dan gula alami.  Bisa di variasaikan setiap hari antara buah pisang, melon, anggur atau apel.
6.      Yogurt, ini adalah pilihan terakhir. Karena saya tidk begitu menyukai yogurt. Cara penyajian yogurt bisa dipadankan dengan buah-buahan.
Itulah resep sarapan untuk diet rendah kalori, semoga bermanfaat.


   
0

Jumat, 10 Februari 2017

Cuaca Ekstrim jangan Sampai Drop, Sedia selalu Stimuno Forte



Masuk bulan Februari curah hujan semakin sering, paling males kalau pagi-pagi hujan maunya menarik selimut kembali tidur, tapi apalah daya tugas tak bisa di tinggal. Akhirnya di pagi yang masih gelap sudah keluar rumah dalam keadaan hujan deras. Walaupun pakai payung, tetap saja  baju basah dan kedingingan.   
Sudah bertekad jangan sampai sakit, kalau sakit kasihan anak-anak.  Kerjaan   kantor juga lagi tidak bisa ditinggal.  Selain itu ada beberapa tulisan yang harus segera diselesaikan.  Makanya begitu kehujanan aku langsung cari suplemen di apottek.  Kebetulan apotik tidak jauh dari kantor, jadi pas jam istirahat aku langsung menuju ke sana.
Penjaga apotik menyarankan untuk minum Stimuno Forte  untuk menjaga kekebalan tubuh saat musim hujan.  Tapi aku orangnya tidak gampang percaya dengan obat-obatan. Jadi sebelum membelinya aku browsing dulu di smartphone, dan aku menemukan artikel yang bagus di sini http://www.serbaherba.com/daya-tahan.  Ak hirnya aku putuskan untuk membeli yang kemasan kecil. Aku takut suplemen yang tidak ramah dilambung dan nantinya mempengaruhi sistem ginjal. 


Dulu sebelum mendengar penjelasan dari penjaga apotik aku mengira stimuno itu vitamin untuk anak. Maklumlah aku terkadang kudet.  Tapi memang bener lho, setelah rutin minum stimuno Forte setiap hari, makan makanan sehat dan olahraga teratur, aku jadi jarang sakit. Padahal kegiatanku padat, ya dirumah ya di kantor.   Aku juga berniat membelikan anak-anak stimuno syrup, biar anak-anak juga nggak gampang sakit.
Dari hasil browsing dan keterangan penjaga apotik aku jadi tahu kalau Stimuno itu berbeda dengan vitamin atau suplemen yang lainnya, karena Stimuno bekerja langsung memperbaiki sistem imun.  Dan sudah teruji secara klinis bisa membantu proses penyembuhan.
Mengapa aku merasa perlu  untuk mengkonsumsi Stimuno Forte? Sebagai seorang wanita yang  bekerja di ibukota yang setiap hari beraktivitas  tinggi, kondisi stress akibat tuntutan pekerjaan,  asupan gizi yang tidak seimbang (seringnya makan junkfood), terkadang jam tidur kurang dan perubahan cuaca yang tidak menentu, membuat  sistem imun menurun. Dan penyakit pasti berdatangan. Apalagi penyakit jaman sekarang serem-serem.  Untuk menjaga kesehatan tubuh aku memilih Stimuno Forte yang terbuat dari herbal  ekstrak tanaman meniran (Phylanthus Niruri). 


Oh ya kalau sedang sakit konsumsinya 3 kali sehari, tapi kalau yang sehat cukup satu kali sehari. Sehat memang penting, karena kalau kita sehat banyak yang bisa kita lakukan. Bersyukurlah atas nikmat sehat dengan terus menjaga kesehatan.  Jika sudah sakit tidak cukup uang sedikit untuk mengobati. Memang  ada  benar ya,  peribahasa mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Itu sekelumit pengalamanku menjaga kesehatan tubuh, bagi yang mau berbagi pengalaman bisa meninggalkan jejak di sini ya!


19